Komponen - komponen Komputer


1. System Unit

 


System Unit adalah komponen elektronik dari komputer yang digunakan untuk memproses data. System Unit tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk serta memiliki fungsi masing-masing. Bahkan semua komputer dan perangkat seluler juga memiliki unit sistem.

2. Casing Komputer

 



Casing  merupakan komponen Komputer yang berfungsi sebagai pelindung CPU (Central Processing Unit), meletakkan komponen Komputer seperti Hardisk, Power Supply, Motherboard, Hardisk, dll. Umumnya bentuk Casing Komputer berbentuk kotak persegi, namun bisa di modifikasi sesuai dengan kebutuhan user.

3. Motherboard

 


Motherboard (system board) adalah papan sirkuit utama pada system unit yang menghubungkan semua komponen hardware dalam sebuah komputer sehingga semuanya saling berhubungan. Motherboard berisi slot seperti slot : Prosessor Chip, Slot Memory, Slot untuk Adaptor, dll.

4. Processor





Processor sering disebut CPU (Central Processing Unit) berfungsi menerjemahkan dan menjalankan instruksi dasar yang mengoperasikan komputer. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan iinstruksi perangkat lunak komputer.

5. RAM 

 


RAM (Random Access Memory) adalah main memory yang terdiri dari chip memory yang dapat dibaca dan ditulis oleh processor dan perangkat lain, dan bersifat sementara dan hanya bekerja di saat komputer hidup. Pada saat komputer dihidupkan, file dimuat oleh RAM dari alat penyimpanan. 

6. ROM

 



ROM (Read Access Memory) adalah chip memory yang menyimpan data dan instruksi secara permanen dan data tersebut tidak dapat dimodifikasi. ROM juga disebut tipe memory non volatile, dimana kontennya tidak akan hilang ketika daya komputer dimatikan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perangkat Input Komputer

Perangkat Output Komputer